Sabtu, 19 Mei 2012

Blus, Piyas & Gamis Batik Zahy

Tetap tampil elegan dengan batik zahy

Bagi para kaum hawa yang ingin tampil dengan balutan batik yang mempesona & elegan silahkan lihat koleksi kami :

 1. Blus Batik dg Warna Biru
     Size m, l, xl
     @ All Size Rp. 75.000,00






2. Piyas Batik dg Warna Hijau
    Size m, l, xl
    @ All Size Rp. 80.000,00
 3. Gamis Batik dg Warna Orange
     Size m, l, xl
     @ All Size Rp. 90.000,00







4. Gamis Batik dg Warna Hitam
    Size m, l, xl
    @ All Size Rp. 90.000,00












Untuk pemesana silahkan hub. 08562535154

Senin, 14 Mei 2012

makna filosofi batik


PENDAHULUAN
Kain batik yang diidentikkan sebagai kain Nusantara kini berkembang menjadi industri 
modern. Konsekuensi dari masuknya batik ke dalam industri modern, batik dituntut mengikuti 
perkembangan zaman, sesuai perkembangan mode dan dengan tuntutan pasar. 
Perkembangan batik yang mengikuti perkembangan zaman dari tahun ke tahun akhirnya 
menunjukkan dinamika beragam.
Batik sebagai produk seni adiluhung, awalnya kelahirannya banyak diwarnai simbolsimbol keraton. Penggunaannya pun seperti masih terbatas didominasi oleh kalangan keraton. 
Tapi akibat pergeseran waktu, batik pun kemudian menjadi komoditas yang diperdagangkan 
secara luas. Dewasa ini, penggunaan batik sudah mulai memasyarakat. Batik juga sudah mulai 
digunakan tidak hanya dalam upacara adat, namun juga dalam keseharian. Mulai bermunculan 
baju-baju yang bermotif batik. Hingga saat ini banyak sekali tempat tempat khusus yang 
menjual batik ini. Mulai dari batik yang benar-benar sakral dan murni, hingga batik modifikasi 
yang diaplikasikan dalam pakaian sehari-hari. 
Dalam perkembangannya, upaya membuat kain Nusantara bisa memenuhi kebutuhan 
masa kini mengambil beragam bentuk. Bukan hanya ragam hias yang disesuaikan kebutuhan 
saat ini atau benang kapas diganti sutra untuk mendapatkan kain yang lebih ringan dan lebih 
mudah disesuaikan untuk berbagai keperluan, melainkan juga cara kain tersebut digunakan, 
terutama ketika kain tersebut ditujukan untuk busana.
Saat ini batik telah menjadi tren baru di tengah masyarakat. Tak hanya sandang yang 
menggunakan kain batik sebagai bahannya. Sarung bantal, gordyn, dan seprei pun telah ada 
yang menggunakan kain batik. Ini adalah awal mula yang baik bagi pelestarian seni batik. 
Awalnya harus mencintai dahulu, kemudian muncul rasa andarbeni (memiliki) dan akhirnya 
nguri-uri (melestarikan).
Batik
Secara etimologis batik mempunyai pengertian akhiran “tik” dalam kata “batik” berasal 
dari kata menitik atau menetes. Dalam bahasa kuno disebut serat, dan dalam bahasa ngoko
disebut “tulis” atau menulis dengan lilin. Menurut Kuswadji (1981:2) “mbatik” berasal dari 2
kata “tik” yag berarti kecil. Dengan demikian dapat dikatakan “mbatik” adalah menulis atau 
menggambar serba rumit (kecil-kecil).
Arti batik dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia ialah kain dan sebagainya yang 
bergambar (bercorak beragi) yang pembuatannya dengan cara titik (mula-mula ditulisi atau 
ditera dengan lilin lalu diwarnakan dengan tarum dan soga) (WJS Poerwadarminta,1976:96).
Pendapat senada dikemukakan Murtihadi dan Mukminatun (1997:3) yang menyatakan 
batik adalah cara pembuatan bahan sandang berupa tekstil yang bercorak pewarnaan dengan 
menggunakan lilin sebagai penutup untuk mengamankan warna dari perembesan warna yang 
lain di dalam pencelupan.
Berdasarkan beberapa pendapat diatas dapat dikemukakan bahwa batik adalah bahan 
tekstil hasil pewarnaan menurut corak khas motif batik, secara pencelupan rintang dengan 
menggunakan lilin batik sebagai bahan perintang.
Yang dimaksud dengan teknik membuat batik adalah proses proses pekerjaan dari tahap 
persiapan kain sampai menjadi kain batik. Pekerjaan persiapan meliputi segala pekerjaan pada 
kain mori hingga siap dibuat batik seperti nggirah/ngetel (mencuci), nganji(menganji), 
ngemplong(seterika, kalendering. Sedangkan proses membuat batik meliputi pekerjaan 
pembuatan batik yang sebenarnya terdiri dari pelekatan lilin batik pada kain untuk membuat 
motif, pewarnaan batik (celup, colet, lukis/painting, printing), yang terakhir adalah 
penghilangan lilin dari kain . (Sewan Soesanto, 1974).
Untuk membuat motif batik dapat dilakukan dengan cara secara tulis tangan dengan 
canting tulis (batik tulis), menggunakan cap dari tembaga disebut batik cap, dengan jalan 
dibuat motif pada mesin printing (batik printing), dengan cara dibordir disebut batik bordir, 
serta dibuat dengan kombinasi kombinasi cara cara yang telah disebutkan.   
Kain batik adalah kain yang motifnya bercorak batik yang dibuat/digambar dengan cara 
pelekatan lilin (malam). Sedangkan kain bermotif  batik adalah kain yang bermotif/bercorak 
batik tetapi motifnya tidak digambar melalui pelekatan lilin batik, biasanya dengan mesin 
printing tekstil.
Teknologi pembuatan batik di Indonesia pada prinsipnya berdasarkan (Resist Dyes 
Technique” (Teknik celup rintang) dimana pembuatannya semula dikerjakan dengan cara ikatcelup motif yang sangat sederhana, kemudian menggunakan zat perintang warna. Pada 
mulanya sebagai zat perintang digunakan bubur ketan, kemudian  diketemukan zat perintang 
dari malam(lilin) dan digunakan sampai sekarang.
Motif batik
Motif batik adalah kerangka gambar yang mewujudkan batik secara keseluruhan (Sewan 
Susanto, 1980:212). Motif batik terdiri dari dua bagian, yaitu ornamen motif batik dan isen 
motif batik
Penggolongan motif batik
1.   Motif Geometris
Motif Geometris adalah motif-motif batik yang ornament-ornamennya merupakan susunan 
geometris. Ciri ragam hias geometris ini adalah motif tersebut mudah dibagi-bagi menjadi 
bagian-bagian yang disebut satu “raport”.  Golongan geometris ini pada dasarnya dapat 
dibedakan atas dua macam, yaitu:
a. Raportnya berbentuk seperti ilmu ukur biasa, seperti bentuk-bentuk segiempat, 
segiempat panjang atau lingkaran. Motif batik yang memiliki raport segi empat adalah 
golongan Banji, Ceplok, Ganggang, Kawung.
b. Raportnya tersusun dalam garis miring, sehingga raportnya berbentuk semacam belah 
ketupat. Contoh motif ini adalah golongan parang dan udan liris.
2.   Motif Non Geometris
Motif non geometris adalah motif-motif batik yang tidak geometris. Termasuk dalam motif 
ini adalah  motis Semen, Buketan, Terang Bulan. Motif-motif golongan non geometris 
tersusun dari ornament-ornamen tumbuhan, Meru, Pohon Hayat, Candi, Binatang, Burung, 
Garuda, Ular (Naga) dalam susunan tidak teratur menurut bidang geometris meskipun dalam 
bidang luas akan terjadi berulang kembali susunan motif tersebut.
Ornamen motif batik
Ornamen motif batik terdiri atas ornamen utama dan ornamen pengisi bidang.
Contoh Motif Geometris
Contoh Motif Non Geometris
  4
a.Ornamen utama adalah suatu ragam hias yang mempunyai arti, sehingga susunan ornamenornamen itu dalam suatu motif membuat jiwa atau arti daripada motif itu sendiri. 
Contoh:
 Sawat atau lar, melambangkan mahkota atau penguasa tertinggi
 Meru melambangkan gunung atau tanah
 Lidah api atau Modang, melambangkan nyala api
 Ular/naga, melambangkan air
 Burung, melambangkan angin
Gambar ragam hias
Ragam hias Sawat, 
Lar
Ragam hias Naga Ragam hias Meru 
(gunung)
Ragam hias Lidah 
api/ Modang
b.Ornamen tambahan tidak mempunyai arti dalam pembentukan motif dan berfungsi sebagai 
pengisi bidang. Bentuk lebih kecil dan sederhana. Dalam satu motif dapat diisi satu atau 
beberapa ornament pengisi.
Isen motif batik
Motif batik terdiri dari ornamen utama dan ornamen pengisi. Isen motif batik adalah berupa 
titik-titik, garis-garis, gabungan titik dan garis yang berfungsi untuk mengisi ornamen-ornamen 
dari motif atau pengisi bidang diantara ornamen-ornamen tersebut. Isen motif ada bermacammacam dan sekarang masih berkembang, seperti: cecek, cecek pitu, sisik melik, cecek sawut, 
cecek sawu daun, sisik gringsing, galaran, rambutan, sirapan, cacah gori, dan sebagainya.
ISEN-ISEN BATIK
1. CECEK-CECEK
arti: titik-titik
2. CECEK PITU
arti : titik tujuh
3. SISIK MELIK
arti : sisik bertitik
4. SAWUT
arti : bunga berjalur5
5. GALARAN
arti: seperti galar
6. RAMBUTAN/RAWAN
arti : seperti rambut atau air rawa
7. SIRAPAN
arti: gambaran atap dari sirap
8. CECEK SAWUT DAUN
arti: garis-garis menjari dan titik-titik
9. HERANGAN
arti: gambaran pecahan yang berserakan
10. SISIK
arti: gambaran sisik
11. GRINGSING
arti: penutupan
Makna batik
Untuk lebih memahami makna batik, ada dua daerah asal batik yang perlu dipelajari yaitu 
daerah Yogyakarta dan daerah Solo.
1. Batik daerah Solo
Daerah Solo merupakan kerajaan dengan segala tradisi dan adat istiadatnya. Ragam 
hias batik diciptakan dengan pesan dan harapan semoga membawa kebaikan bagi pemakai. 
Semua dilukiskan secara simbolis, misalnya:
a. Ragam hias larangan dan dianggap 
sakral, hanya dikenakan raja dan 
keluarganya yaitu parang rusak barong, 
sawat dan kawung.
Ragam hias Parang Rusak Barong6
Ragam hias Kawung Prabu
b. Ragam hias slobog, berarti agak 
besar/longgar dipakai untuk melayat. 
harapannya semoga arwah yang 
meninggal tidak mendapat halangan.
Ragam hias Slobog
c. Sidomukti, dipakai pengantin. Sido 
berarti terus menerus dan mukti berarti 
hidup berkecukupan.
Ragam hias Sido Mukti
d. Truntum, dipakai orang tua pengantin. 
Truntum berarti menuntun, maknanya 
orang tua menuntun mempelai 
memasuki hidup baru
Ragam hias Truntum
e. Satria Manah, dipakai wali pengantin 
pria ketika meminang dengan harapan 
semoga lamaran sang pria dapat 
diterima dengan baik oleh pihak wanita.
Ragam hias Satria Manah 7
f. Semen Rante, dipakai wali pengantin 
wanita ketika menerima lamaran. Rantai 
melambangkan ikatan yang 
kokoh.Harapannya jika lamaran telah 
diterima, pihak wanita menginginkan 
hubungan erat dan kokoh yang tidak 
dapat lepas lagi.
Ragam hias Semen Rante
g. Parang Kusumo, dipakai gadis pada 
upacara tukar cincin. kusumo berarti 
bunga yang sedang mekar
Ragam hias Parang Kusumo
h. Pamiluto, dikenakan ibu si gadis pada 
upacara tukar cincin. Berasal dari kata 
pulut, melambangkan harapan ibu agar 
pasangan dara dan pria tidak 
terpisahkan lagi.
Ragam hias Pamiluto
i. Bondet, dipakai pengantin wanita pada 
malam pertama. Berasal dari kata 
bundet berarti saling mengikat
Ragam hias Bondet8
j. Semen Gendong dipakai pengantin 
setelah selesai upacara perkawinan 
dengan harapan agar dapat segera 
mengendong bayi
Ragam hias Semen Gendong
k. Ceplok Kasatriyan, dipakai sebagai kain 
untuk upacara kirab pengantin. Batik ini 
digunakan oleh golongan menengah ke 
bawah. Pemakainya agar terlihat gagah 
dan memiliki sifat ksatria.
Ragam hias Ceplok Kasatriyan
2. Batik daerah Yogyakarta 
Perpaduan tata ragam hias  Yogyakarta cenderung pada perpaduan berbagai jenis ragam 
hias geometris dan berukuran besar, misalnya:
a. Ragam hias Grompol, dikenakan pada 
upacara perkawinan. Grompol berarti 
berkumpul atau bersatu, merupakan 
pengharapan berkumpulnya segala 
sesuatu yang baik-baik seperti rejeki, 
kebahagiaan, keturunan, hidup rukun dan 
sebagainya.
Ragam hias Grompol
b. Tambal digunakan untuk selimut orang 
sakit. Tambal diambil dari pengertian 
menambal, yaitu berarti menambah atau 
memperbaiki sesuatu yang kurang 
sehingga kemudian dianggap dapat 
menyehatkan yang sakit.
Ragam hias Tambal
PENUTUP
Batik tidak hanya sekedar wastra, tetapi karya seni budaya, yang pada awalnya selalu 
dihadirkan pada upacara-upacara tradisi dalam masyarakat Jawa. Batik selalu menyertai setiap 
tahapan dalam daur hidup manusia. Filosofi dalam pola batik yang merupakan harapan atau 
doa-doa itulah yang menyebabkan batik selalu ada pada setiap upacara-upacara masyarakat 
Jawa, dari saat dilahirkan hingga maut menjemput.

Sabtu, 12 Mei 2012

Perkembangan Batik di Indonesia


Perkembangan batik di Indonesia

Sejarah pembatikan di Indonesia berkait erat dengan perkembangan kerajaan Majapahit dan penyebaran ajaran Islam di Tanah Jawa. Dalam beberapa catatan, pengembangan batik banyak dilakukan pada masa-masa kerajaan Mataram, kemudian pada masa kerjaan Solo dan Yogyakarta.
Jadi kesenian batik ini di Indonesia telah dikenal sejak zaman kerjaan Majapahit dan terus berkembang kepada kerajaan dan raja-raja berikutnya. Adapun mulai meluasnya kesenian batik ini menjadi milik rakyat Indonesia dan khususnya suku Jawa ialah setelah akhir abad ke-XVIII atau awal abad ke-XIX. Batik yang dihasilkan ialah semuanya batik tulis sampai awal abad ke-XX dan batik cap dikenal baru setelah perang dunia kesatu habis atau sekitar tahun 1920. Adapun kaitan dengan penyebaran ajaran Islam. Banyak daerah-daerah pusat perbatikan di Jawa adalah daerah-daerah santri dan kemudian Batik menjadi alat perjaungan ekonomi oleh tokoh-tokoh pedangan Muslim melawan perekonomian Belanda.
Kesenian batik adalah kesenian gambar di atas kain untuk pakaian yang menjadi salah satu kebudayaan keluaga raja-raja Indonesia zaman dulu. Awalnya batik dikerjakan hanya terbatas dalam kraton saja dan hasilnya untuk pakaian raja dan keluarga serta para pengikutnya. Oleh karena banyak dari pengikut raja yang tinggal diluar kraton, maka kesenian batik ini dibawa oleh mereka keluar kraton dan dikerjakan ditempatnya masing-masing.
Lama-lama kesenian batik ini ditiru oleh rakyat terdekat dan selanjutnya meluas menjadi pekerjaan kaum wanita dalam rumah tangganya untuk mengisi waktu senggang. Selanjutnya, batik yang tadinya hanya pakaian keluarga kraton, kemudian menjadi pakaian rakyat yang digemari, baik wanita maupun pria. Bahan kain putih yang dipergunakan waktu itu adalah hasil tenunan sendiri.
Sedang bahan-bahan pewarna yang dipakai tediri dari tumbuh-tumbuhan asli Indonesia yang dibuat sendiri antara lain dari: pohon mengkudu, tinggi, soga, nila, dan bahan sodanya dibuat dari soda abu, serta garamnya dibuat dari tanahlumpur.
Jaman MajapahitBatik yang telah menjadi kebudayaan di kerajaan Majahit, pat ditelusuri di daerah Mojokerto dan Tulung Agung. Mojoketo adalah daerah yang erat hubungannya dengan kerajaan Majapahit semasa dahulu dan asal nama Majokerto ada hubungannya dengan Majapahit. Kaitannya dengan perkembangan batik asal Majapahit berkembang di Tulung Agung adalah riwayat perkembangan pembatikan didaerah ini, dapat digali dari peninggalan di zaman kerajaan Majapahit. Pada waktu itu daerah Tulungagung yang sebagian terdiri dari rawa-rawa dalam sejarah terkenal dengan nama daerah Bonorowo, yang pada saat bekembangnya Majapahit daerah itu dikuasai oleh seorang yang benama Adipati Kalang, dan tidak mau tunduk kepada kerajaan Majapahit.
Diceritakan bahwa dalam aksi polisionil yang dilancarkan oleh Majapahati, Adipati Kalang tewas dalam pertempuran yang konon dikabarkan disekitar desa yang sekarang bernama Kalangbret. Demikianlah maka petugas-petugas tentara dan keluara kerajaan Majapahit yang menetap dan tinggal diwilayah Bonorowo atau yang sekarang bernama Tulungagung antara lain juga membawa kesenian membuat batik asli.


Jumat, 11 Mei 2012

Produk Batik Kami ( Baju Muslim & Baju Bola )

Anda ingin mendapatkan berbagai macam baju batik dengan kualitas tinggi & tampil elegan dg harga yg terjangkau silahkan hubungi kami 08562535154

Produk Kami


 1. Baju Muslim ( Koko ) Batik Hijau
 2. Baju Mulim ( Koko ) Batik Transparan
 3. Baju Bola Batik Inter Milan
 4. Baju Muslim ( Koko ) Batik Coklat
 5. Baju Bola Batik Ac Milan
 6. Baju Bola Batik Barcelona
 7. Baju Bola Batik Ac Milan
 8. Baju Bola Batik Arsenal
 9. Baju Bola Batik Real Madrid
 10. Baju Bola Batik Arsenal
11. Baju Bola Batik Manchester United

Sejarah Batik Indonesia

 Asal Mula Batik

Kata "batik" berasal dari bahasa Jawa, yang merupakan penggabungan dari "amba" yang berarti "menulis", dan "titik" yang berarti "titik".

Batik di Indonesia, mulai dikenal sejak abad XVII, ditulis dan dilukis di daun lontar. Saat itu motif batik kebanyakan masih berupa binatang ataupun tumbuhan. Namun seiring berkembangnya jaman, corak lukis dari batik sudah merambah ke motif abstrak berupa awan, relief candi, wayang, dan lainnya.

Corak batik di Indonesia sangat banyak, sesuai filosofi dan budaya masing-masing daerah di Indonesia yang sangat kaya, sehingga terciptalah beragam corak dan jenis batik sesuai ciri khas masing-masing.

Perkembangan Batik

Di Indonesia, batik dipercaya sudah ada semenjak zaman Majapahit. Batik yang dihasilkan ialah semuanya batik tulis sampai awal abad XX dan batik cap baru dikenal setelah Perang Dunia I atau sekitar tahun 1920-an.

Awalnya batik hanya dikerjakan terbatas dalam keraton saja, dan hasilnya dikenakan untuk raja, keluarga raja, dan pengikutnya. Karena banyak pengikut raja yang tinggal di luar keraton, maka kesenian batik ini dibawa ke luar keraton dan dikerjakan di tempat masing-masing.

Jaman pun berkembang, akhirnya kesenian batik mulai diterapkan oleh para wanita untuk mengisi waktu senggang. Dan akhirnya batik sudah menjadi pakaian yang merakyat.

Pada waktu itu, bahan pewarna yang dipakai berasal dari pohon mengkudu, tinggi, soga, nila, dan bahan sodanya dibuat dari soda abu, serta garamnya dibuat dari tanah lumpur. Sedangkan kain putih yang dipakau merupakan hasil tenun sendiri.

Jenis Batik
  • Batik Tulis
  • Kain dihias sesuai corak atau tekstur tertentu menggunakan tangan. Kurang lebih memakan 2-3 bulan.
  • Batik Cap
  • Jenis batik seperti ini dibuat dengan menggunakan cap yang sudah sesuai dengan coraknya.
  • Batik Lukis
  • Pembuatan batik langsung melukis pada kain putih.